anambasku

Penerimaan Test CPNS Anambas diwarnai Demo

Posted on: 30 Desember 2010

Penerimaan CPNS di Kabupaten Anambas dinilai Warga Anambas banyak terjadi kecurangan, hal ini terjadi setelah pengumuman hasil tes CPNS pada tanggal 24 Desember 2010 (jum’at, red). Demo dimulai didepan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Anambas di Kompleks Penginapan Wisma Tanjung. Gelombang Massa sebelumnya berkumpul didepan Tugu Buta Hurup Tarempa, yang dikenal Masyarakat setempat sebagai Tugu Buak. Massa yang berkumpul sekitar pukul 08.00 (senin 27/12) tersebut menunggu rombongan lainnya dari segala arah yang ingin bergabung.

sekitar pukul 10.00 Wib, rombongan berbondong – bondong menuju ke kantor DPRD Anambas yang pada saat itu sedang melaksanakan Paripurna Pengesahan RAPBD Anambas tahun 2011 yang juga dihadiri oleh Bupati dan pejabat eselon II lainnya. kedatangan mereka membuat Anggota Rapat Paripurna tersebut terkejut. dari Luar kantor, Massa terus meneriakkan kata – kata yang menyebutkan kecurangan – kecurangan dalam proses Penerimaan CPNS Anambas. dimulai dari banyaknya Titipan oleh pejabat – pejabat eselon II dan Anggota – Anggota DPRD sampai kepada Fakta – Fakta kecurangan lainnya.

setelah menunda Rapat, Ketua DPRD, Amat Yani berniat menemui perwakilan Massa yang berada diluar didalam ruangannya, namun Massa tidak mau, menurut mereka, perundingan harus melibatkan semua Massa. perundingan dimulai namun tidak menemui jalan keluar, hal ini semakin membuat emosi massa memuncak yang mengakibatkan terjadinya pelemparan sampah dan Air kemasan kearah Ketua Dewan tersebut.

sebagai reaksi atas puncak kekecewaan Mereka, Massa meminta agar Iip Ilham Firman, S.Ip dihadirkan ditengah – tengah mereka. mereka menganggap Kepala Kepegawaian Daerah Kabupaten Anambas tersebut adalah orang yang paling bertanggung jawab atas segala kecurangan yang terjadi. setelah menunggu beberapa saat, Iip yang datang dengan pengawalan ketat pun langsung disambut Massa dengan hujatan – hujatan. keadaan makin memanas setelah massa mendengar penjelasan dari kepala BKD tersebut yang menurut Massa bohong belaka. setelah terjadi adu argumen antara Massa dan Iip,mereka bersepakat untuk melaksanakan Sumpah di Mesjid jami’ Baiturrahim tarempa untuk membuktikan kebenaran, apakah telah terjadi kecurangan atau tidak.

Setelah selesai Zuhur, Rombongan Massa dan Iip yang telah bersepakat untuk melaksanakan sumpah memenuhi Mesjid tua tersebut. namun tarik menarik masih terjadi, apalagi Wakil Bupati Anambas sebagai perwakilan Pemerintah Daerah Anambas mencoba memberikan penjelasan mengenai pelaksanaan tes CPNS tersebut, namun hal ini tidak berlangsung lama setelah ketua Pengurus mesjid tersebut menyambangi rombongan yang akan melaksanakan sumpah. tujuan dari pengurus tersebut adalah untuk mengingatkan agar jangan terjadi anarkis di mesjid dan agar mereka segera meninggalkan mesjid, mengingat sudah hampir dekatnya waktu Ashar. permintaan pengurus mesjid tersebut diiyakan oleh Massa dengan syarat pelaksanaan Sumpah dilaksanakan secepatnya. setelah berunding dengan imam setempat yang bersedia membacakan yasiin seperti permintaan massa, ritual Sumpah dimulai. pelaksanaan Sumpah dilakukan didepan Mimbar dengan menghadap Kiblat dan diakhiri dengan meminum air Yasiin yang telah dibacakan Imam dan beberapa orang lainnya.

sesuai dengan janji mereka, setelah Sumpah dilaksanakan, Massa pun membubarkan diri dengan tertib,. sampai tulisan ini diturunkan, proses kelanjutan penerimaan tes CPNS masih tetap berlangsung lancar, walaupun dibeberapa sudut kota keadaan masih nampak mencekam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: